Tak Hanya Untuk Parfum, Nilam Juga Sangat Baik Untuk Kesehatan

Tak Hanya Untuk Parfum, Nilam Juga Sangat Baik Untuk Kesehatan

Daun nilam adalah jenis daun yang berasal dari tanaman semak yang tumbuh di kawasan tropis, termasuk di Indonesia.

Tanaman ini sudah sering digunakan sebagai bahan dalam menghasilkan minyak nilam atau minyak atsiri. Keunggulan daun ini tidak hanya populer di dalam negeri saja, tapi juga manca negara. Minyak hasil daun ini sering digunakan sebagai parfum atau bahan pembuatan dupa bagi kepercayaan dan agama tertentu di kawasan timur.

Tanaman nilam ternyata tidak hanya berguna untuk dijadikan minyak, namun bagian daun dari tanaman ini juga memiliki khasiat yang spesial untuk pengobatan dalam dunia kesehatan. Daun nilam dapat direbus dan Anda konsumsi air rebusannya untuk mengobati penyakit. Selain itu, Anda juga bisa membuat ramuan dari bahan daun ini yang dicampur dengan bahan lainnya untuk mendapatkan khasiat yang lebih ampuh untuk kekuatan tubuh.

Agar tidak salah dalam memahami manfaat dan khasiat daun nilam, kami berikan rincian penjelasan tentang beberapa kegunaan daun ini untuk kesehatan Anda. Berikut ini informasinya.

1. Obat sakit kepala

Khasiat daun nilam yang pertama yaitu sebagai obat herbal untuk mengatasi sakit kepala. Kandungan senyawa dalam daun istimewa ini mampu meredakan rasa sakit di kepala Anda, termasuk penyakit migraine.

2. Mengatasi diare

Khasiat daun nilam yang selanjutnya yaitu mengobati diare dan mencegahnya datang kembali. Daun ini memiliki kandungan anti bakteri yang ampuh untuk mengusir bakteri penyebab diare yang berada di saluran pencernaan Anda.

3. Mengobati penyakit disentri

Penyakit lainnya yang dapat Anda obati dengan menggunakan khasiat daun nilam yaitu penyakit disentri. Tidak ada salahnya mencoba ramuan herbal yang terbuat dari daun ini untuk mengatasi penyakit disentri dan mencegahnya menyerang tubuh kembali.

4. Menghilangkan bau badan

Khasiat daun nilam yang cukup sederhana yaitu mengatasi bau badan berlebih. Daun yang satu ini mengandung senyawa yang pas untuk mencegah keringat berlebih pada badan sehingga tidak menimbulkan bau badan yang tidak sedap.

5. Anti rematik

Khasiat daun nilam juga memiliki fungsi sebagai daun anti rematik. Daun yang ini mampu mencegah penyakit rematik yang menyerang tulang Anda. Kelebihan daun ini juga akan menguatkan tulang Anda dari serangan penyakit serta memadatkan strukturnya.

6. Obat bisul

Manfaat daun nilam untuk kulit salah satunya yaitu mengobati bisul. Bisul merupakan gejala kulit yang bengkak karena faktor tertentu, misalnya radang atau alergi. Anda bisa mengempiskannya dengan menggunakan daun ini.

7. Mengatasi disentri

Penyakit lainnya yang dapat Anda obati dengan daun nilam yaitu penyakit disentri. Anda bisa mengolah daun ini terlebih dahulu kemudian mengonsumsinya dengan rutin setiap hari dalam rangka mengusir disentri.

8. Menjaga kesehatan ginjal

Daun nilam tidak hanya mencegah berbagai penyakit, namun juga membuat beberapa organ tubuh Anda lebih sehat, termasuk ginjal. Ginjal yang sehat akan membuat tubuh Anda juga sehat sehingga tidak menimbulkan gangguan kesehatan.

9. Melancarkan buang air kecil

Buang air kecil yang tidak lancar adalah salah satu tanda bahwa tubuh Anda sedang tidak sehat. Minumlah air putih dalam kadar yang mencukupi setiap hari kemudian Anda bisa menyembuhkan penyakit ini dengan menggunakan daun nilam.

10. Obat demam

Daun nilam juga berfungsi sebagai daun penurun demam. Khasiatnya yang bermanfaat untuk menurunkan panas demam dapat Anda berikan untuk anak Anda yang sering mengalami peningkatan suhu tubuh karena penyakit.

Selain 10 manfaat dan khasiat daun nilam untuk kesehatan, ada lagi 5 manfaat lainnya dari daun ini yang perlu Anda ketahui. Berikut ini manfaat lainnya:

5 Manfaat dan Khasiat Daun Nilam Lainnya:

  1. Pencegah kanker
  2. Obat borok pada kulit
  3. Mengatasi jerawat
  4. Menjaga daya tahan tubuh
  5. Mencegah serangan jamur kulit

Itulah 15 manfaat dan khasiat daun nilam untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui. Semoga bermanfaat untuk menambah pengetahuan Anda dalam menjaga kesehatan dengan memanfaatkan khasiat daun yang sehat pula. Pola hidup yang sehat akan lebih menguntungkan Anda nantinya di masa depan, karena kesehatan jaman sekarang merupakan hal yang mahal. Selamat mencoba.

sumber : khasiat.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *