Inilah Bunga Nasional Indonesia, Meulu dari Aceh

Inilah Bunga Nasional Indonesia, Meulu dari Aceh

Indonesia, adalah salah satu negeri yang berada di garis khatulistiwa ini, memiliki julukan sebagai salah satu negara Mega Biodiversity. Sebutan tersebut diberikan karena, Indonesia memiliki hampir 2 jenis spesies bunga. Dan tersebar dari Sabang, sampai Merauke.

Dari jutaan jenis flora tersebut, Indonesia, menetapkan 3 jeni bunga yang menjadi icon negara. Atau, sebagai Bunga Nasional. Yang dibagi dalam tiga kelas Puspa. Ketikanya dianggap mampu mewakili karakter dan semangat ke-Indonesia-an.

Berikut adalah Bunga Nasional Indonesia;

  1. Puspa Bangsa

Puspa Bangsa atau Puspa Nasional, bunga yang dipilih mewakili kesucian dan keelokan budi yang sederhana namun menawan. Adalah, Bunga Melati.

Bunga melati (Jasminum sambac) atau disebut juga melati putih merupakan salah satu spesies melati yang berasal dari Asia Selatan.

Aromanya yang harum lembut memberi makna lembut, nyaman, dan tenang. Sehingga bunga ini dianggap mewakili karakter bangsa Indonesia yang sederhana, penuh kesucian dan memiliki kebaikan budi pekerti.

Di Indonesia ada banyak nama lokal yang diberikan kepada bunga melati seperti, menuh (bali), Meulu Cina, Meulu Cut (Aceh), Malete (Madura), Menyuru (Banda), Melur (Gayo dan Batak Karo), Manduru (Menado), dan Mundu (Bima, Sumbawa).

  1. Puspa Pesona

Yang menjadi Puspa Pesona Indonesia adalah Bunga anggrek bulan atau bunga yang memiliki nama latin Phalaenopsis amabilis. Salah satu jenis anggrek (Orchidaceae) yang mempunyai ciri khas kelopak bunga yang lebar dan berwarna putih.

Bunga Nasional Indonesia Anggrek Bulan
Bunga Nasional Indonesia Anggrek Bulan
Sumber foto : Tirto

Anggrek yang tumbuh menempel pada batang atau cabang pohon ini merupakan salah satu jenis Anggrek yang disebut-sebut asli Tanah Air. Warnanya yang putih memancarkan keindahan membuatnya terpilih sebagai bunga nasional Indonesia.

  1. Puspa Langka

Padma Raksasa (Rafflesia arnoldi) ditetapkan menjadi puspa langka melengkapi Melati Putih (puspa bangsa) dan Anggrek Bulan (puspa pesona). Tanaman ini juga menjadi flora identitas provinsi Bengkulu.

Rafflesia arnoldii atau padma raksasa yang merupakan tanaman endemik Sumatera merupakan satu dari sekitar 30-an jenis Rafflesia yang ditemukan di Asia Tenggara, mulai dari semenanjung Malaya, Kalimantan, Sumatra, dan Filipina. Dinamakan padma raksasa lantaran ukuran bunganya yang mampu mencapai diameter 100 cm dengan berat 10 kg.

Sampai saat ini Rafflesia arnoldii tidak pernah berhasil dikembangbiakkan di luar habitat aslinya dan apabila akar atau pohon inangnya mati, Raflesia akan ikut mati. Oleh karena itu Raflesia membutuhkan habitat hutan primer untuk dapat bertahan hidup.

Nah, itulah salah satu kekayaan negara Indonesia yang beriklim tropis ini. Bahkan, dari salah bunga Nasional menjadi salah satu sumber inspirasi parfum. Salah satu parfum Lokal yang memikili kualitas terbaik, adalah Minyeuk Pret yang menjadikan wangi Meulu atau wangi melati, sebagai salah wewangian andalannya. Kamu, penasaran bagaimana mewahnya wangi Meulu tersebut? Yuks pesan di sini.

parfum minyeuk pret meulu untuk pria dan wanita
Parfum dengan Wangi Bunga nasional Indonesia Meulu/ Melati

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *